Minggu, 06 November 2016

SEJUTA MANFAAT POHON BAMBU

Pohon bambu ada dimana-mana. akan tetapi karena seringnya kita melihat pohon bambu, kita mengabaikan sejuta manfaat bambu bagi dunia pertanian.Bambu mempunyai kelebihan dan sejuta manfaat dimulai dari akar, bonggol, batang dan daunnya. diantaranya :
1. Bambu adalah Penyerap Karbon yang Baik
Bambu menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen 30% lebih banyak ke atmosfer dibandingkan dengan pohon-pohon pada umumnya.Hal ini membuat bambu sangat baik untuk menyerap gas rumah kaca dan memproduksi lebih banyak oksigen bersih dan segar.Bambu dapat mencapai kedewasaan penuh dalam 1 sampai 5 tahun (bergantung dari spesies). Pohon kayu keras dapat membutuhkan waktu 30 sampai 40 tahun untuk dewasa. Hal ini menjadikan bambu sebagai satu-satunya tanaman berkayu yang dapat mengimbangi tingkat konsumsi manusia dan deforestasi.Ketika bambu dipanen, maka akan terus tumbuh tunas-tunas baru dari sistem perakarannya yang menakjubkan. Bambu tidak memerlukan bahan kimia, pestisida atau pupuk untuk tumbuh dan berkembang. Daun-daun yang terjatuh memberikan nutrisi yang diperlukan agar bisa didaur ulang kembali ke dalam tanah. Setiap bagian dari tanaman dapat dimanfaatkan dalam banyak cara dengan limbah yang tergolong sedikit. Setelah material dari bambu mencapai batas ketahanannya, limbahnya dapat didaur ulang kembali ke dalam tanah.
2. Membuat MOL (MIKROORGANISME LOKAL)
pohon ini bisa dijadikan alternatif untuk membuatnya. MOL dari nasi yang diletakkan di bawah pohon bambu. Nasi-nasi tsb dibentuk seperti seukuran kepalan tangan diletakkan di bawah pohon bambu kemudian tutupi dengan daun-daun bambu yang berjatuhan. Atau masukkan kepalan nasi tersebut di ember kecilkemudian ditutupi dengan daun-daun kering daun bambu. Biarkan selama 2-4 hari.Bila sudah 2-4 hari, ambil bola-bola nasi tsb. Selanjutnya bola-bola nasi tsb siap dijadikan media pembuatan MOL. Atau kita ambil tanah dari pohon bambu, sekalian daun-daun bambu yang sudah kering. Kemudian, kita letakkan didalam wadah/ember/toples/dll. Selanjutnya, nasi-nasi berbentuk bola diletakkan didalamnya. Tutup dengan daun-daun bambu kering. Dan dibiarkan selama 2-4 hari. Biasanya, nasi-nasi tsb akan berbau khas seperti tape.Nah, bola-bola nasi tsb siap dijadikan media MOL. Biasanya, mikroba yang ada di dalamnya sbb : Jamur  Aspergillus SP,   Lactobacillus, Saccharomyces Cerrevisiae, dll.
3. Bambu Tumbuh dengan Sangat Cepat
4. Regenerasi Bambu yang Cepat

5. Bambu Mencegah Terjadinya Erosi
6. Bambu Dapat Tumbuh Dalam Berbagai Kondisi.
7. Sebagai Material yang Kuat
8. Bambu Ternyata Anti-Bakteri
9. Bambu Dapat Menghilangkan Bau Tak Sedap
10. Serat Bambu dapat Mempertahankan Suhu
11. Rebung sebagai Sumber Makanan Sehat.
12. Membuat aneka kerajinan tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar